Penyebab Munculnya Komedo di Wajah

Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah


Anda sedang berjibaku melawan komedo yang membandel di wajah? Masalah kulit ini sering dialami, baik oleh wanita maupun pria. Untuk membasmi komedo di kulit wajah, kita harus mengenali penyebab dari komedo itu sendiri. Dengan begitu kita bisa mencari solusi untuk masalah kulit ini.
Anda pasti pusing dan bertanya-tanya kenapa sih komedo saya muncul terus… ?
Lalu Anda pasti mencari artikel tentang cara menghilangkan komedo dan penyebab komedo di wajah…

Apa saja sih, Penyebab munculnya komedo diwajah ?
Komedo muncul karena penyumbatan pada pori-pori kulit akibat produksi minyak berlebih. Hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :

1. Hormon
Aktivitas hormonal, seperti siklus menstruasi dan pubertas, adalah penyebab utama munculnya komedo dan jerawat. Selama masa pubertas , terjadi peningkatan hormon androgen menyebabkan kelenjar folikel untuk tumbuh lebih besar dan membuat lebih banyak minyak (sebum). Peningkatan yang serupa pada androgen juga terjadi selama masa kehamilan.

2. Kebersihan Wajah
Kurang atau malas membersihkan wajah dapat mengakibatkan tertutupnya pori-pori wajah akibat kotoran yang tidak dibersihkan sehingga memicu munculnya komedo.

3. Kosmetik / Make up berlebih
Penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation seringkali dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

4. Gaya hidup tidak sehat
Merokok berlebihan, terlalu banyak alkohol dan kafein, serta terlalu sering menggunakan make up menjadi penyebab dasar dan umum dari munculnya komedo. Perbanyak minum air – minimal 8-10 gelas per hari – untuk menyehatkan tubuh dan kulit Anda.

5. Stres
Stres bisa memicu berbagai macam penyakit, termasuk masalah kulit. Kurangi tingkat stres dengan melakukan hal-hal positif seperti meditasi, yoga, berolahraga, membaca buku, dll.

6. Makanan
Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maupun pola makan yang buruk akan menyebabkan produksi minyak berlebih, yang akan memicu komedo.
Gorengan, makanan manis dan makanan kaya karbohidrat memiliki dampak besar pada kondisi kulit Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda mengurangi konsumsi makanan cepat saji, agar tubuh dan kulit bisa tetap sehat.

Nah itulah penyebab munculnya komedo pada kulit wajah. Selain memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehari-hari, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan wajah Anda.

0 Response to "Penyebab Munculnya Komedo di Wajah"

Posting Komentar